Selasa, 22 Desember 2020

Selamat hari Ibu

Setiap orang pasti mengerti jika sebenarnya 22 desember tidaklah satu-satunya tanggal yang dikhususkan untuk menyatakan sayang buat mama/ibu. Tetapi, setiap hari merupakan hari Ibu untuk menyatakan sayang buat ibu. Dari sebuah artikel yang saya baca menyatakan bahwa Hari Ibu diperingati setiap tahun sejak tahun 1938. Tanggal 22 Desember dipilih sebagai Hari Ibu di Indonesia untuk mengenang momentum 22 Desember 1928, kala pertama kalinya digelar Kongres Perempuan Indonesia. Gagasan peringatan Hari Ibu ini muncul saat Kongres Perempuan III pada 1938. Tujuan peringatannya adalah memperjuangkan kemerdekaan dan memperbaiki keadaan perempuan Indonesia. Selain mencetuskan Hari Ibu, Kongres Perempuan III juga membawa isu berupa perbaikan gizi dan kesehatan bagi ibu dan balita, menghentikan pernikahan dini, serta perdagangan perempuan dan anak. Peringatan Hari Ibu tak hanya ada di Indonesia. Dunia dan sejumlah negara juga melakukan peringatan Hari Ibu, seperti Polandia, India, Malawi, Qatar, dan Thailand. Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hari Ibu di Indonesia dan Kisah Hari Ibu Berbagai Negara", https://www.kompas.com/tren/read/2020/12/22/090200865/hari-ibu-di-indonesia-dan-kisah-hari-ibu-berbagai-negara?page=all. Penulis : Tita Meydhalifah Editor : Inggried Dwi Wedhaswary Terlepas dari sejarah penyataan tanggal 22 September sebagai hari ibu, saya hanya ingin menyatakan ke mama saya hari ini "Aku sungguh mengasihi mama", aku tahu tidaklah mudah untuk menjadi seorang ibu bagi kami anak-anakmu (6 anak termasuk jumlah yang banyak), mendengar nasehatmu, kesibukanmu mengurus kami satu persatu, mengerjakan ini, lalu mengerjakan lainnya lagi di waktu yang bersamaan (itu sungguh merepotkanmu), belum lagi ketika mama menyuruh kami tapi kami tidak langsung melakukannya (saya yakin itu sungguh membuat mama sedih). terima kasih ma, meskipun tahun ini tidaklah mudah untuk mama jalani, karena harus mengurus kami sendiri setelah kepergian papa, namun mama selalu berusaha keras untuk menunjukkan bahwa mama baik-baik saja. Maafkan saya yang sering melupakan mama, kadang cuek ketika mama telpon, bahkan sering merepotkan mama dalam hal-hal kecil yang aku ceritakan ke mama. Ma, aku merindukan mama, tidaklah mudah untuk menjalani hidup sekarang ini dengan berbagai masalah yang ada, tetapi ini juga mengingatkan ku bahwa Tuhan teleh menolong kita, bahkan mama sampai saat ini, bahkan di penghujung tahun 2020 ini, mama tetap sehat dan selalu melayani Tuhan. Terima kasih untuk hal-hal baik yang telah engkau tanamkan dalam hidup ku bahkan sampai saat ini (buat saudara-saudara ku yang lain juga), aku sungguh merasakannya sampai sekarang. Terima kasih telah mempersiapkanku untuk menjalani hidupku yang sekarang. Ku harap Tuhan tetap memberimu kesehatan dan harapan ku tercapai untuk mu. Terima kasih Ma Tuhan Yesus memberkatimu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sepenggal dari keseluruhan

Seusai dari kekacauan yang terjadi, oleh karena keadaan sulit yang tidak diterima dengan baik, akhirnya memilih untuk melepaskan semuanya. B...